KAMBOJA – Tim Garuda Muda memastikan dirinya lolos dalam Perebutan Piala AFF U-22 2019 setelah menang tipis atas Vietnam, 1-0 lewat gol Lutfi Kamal di menit 68. Timnas U-22 Indonesia akan bertanding melawan pemenang laga Kamboja vs Thailand yang juga digelar hari ini, Ahad (22/2/2019) Pukul 18.30 WIB.

Laga antara Timnas U-22 vs Vietnam digelar di National Stadium, Pnom Penh, Kamboja. Sejak awal memasuki lapangan hijau, Timnas U-22 langsung memngambil inisiatif serangan. Pelatih Indra Sjafri tidak melakukan perubahan dari susunan pemain yang diturunkan ketika menghadapi Kamboja.

Timnas U-22 mendominasi jalannya pertandingan di 5 menit babak pertama berjalan dan seperti yang diucapkan pelatih Vietnam, Marinus Manewar sudah mendapatkan penjagaan ketat sejak awal. Vietnam lebih memilih memainkan serangan balik cepat untuk bisa menciptakan peluang. Namun serangan balik cepat para pemain Vietnam masih bisa diredam oleh para pemain belakang Timnas U-22.

Timnas U-22 juga masih belum bisa mendapatkan peluang berbahaya karena rapatnya barisan pertahanan Vietnam di babak pertama hingga berakhir imbang 0-0. Di babak kedua Garuda Muda masih mendominasi jalannya pertandingan dan terus menggempur barisan pertahanan Vietnam. Permainan defensif Vietnam praktis membuat mereka hanya menyisakan Le Van Xuan Tu dan Duc Nam di lini depan.

Permainan keras diperagakan kedua tim kesebelasan di babak kedua, gesekan antar pemain pun tidak terhindarkan membuat wasit mengeluarkan tiga kartu kuning dalam waktu 15 menit babak kedua berjalan. Timnas U-22 melalui skema tendangan bebas di menit 68 di eksekusi Luthfi Kemal dan sukses mencetak gol. Skor 1-0 bertahan sampai pluit panjang wasit dibunyikan.

Timnas U-22

Awan Setho; Asnawi Mangkualam, Nurhidayat, Bagas, Firza Andika; Luthfi Kemal, Sani R, Gian Zola; Osvaldo Haay, Witan Sulaiman, Marinus Manewar

Vietnam

Van Bieu; Tung Quoc, Van Dat, Viet Anh, Van Xuan; Hoang Nam, Thanh Son, Bao Toan; Huu Thang, Le Van Xuan Tu, Duc Nam