PANGKEP – Satu lagi destinasi wisata keluarga bertambah di Pangkep. Namanya “Tonasa Park”, karena berada di bekas lokasi pabrik PT. Semen Tonasa di Tonasa 1. Pembenahannya sebagai kawasan wisata dimulai sejak Agustus 2018 lalu, dibentuk sebagai taman edukasi yang seru, menyenangkan, dan instagramable.

Lihat juga: Mengapa Mesti Traveling? Ini 10 Alasannya!

Tonasa Park merupakan hasil optimalisasi kawasan industri yang terbengkalai. Pemanfaatan bangunan kantor bekas pakai sebagai tempat wisata menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat, apalagi dilengkapi dengan beberapa spot foto sesuai kebutuhan pengguna sosial media serta ada nilai edukasi dari fasilitas yang disiapkan.

Pabrik PT. Semen Tonasa 1 merupakan salah satu pabrik terbesar di Indonesia pada masanya. Eksistensinya di Tahun 1960-an berdiri sebagai hasil kerjasama Pemerintah Republik Indonesia dengan Negara Cekoslovakia. Bangunan Tonasa 1 sudah cukup lama tidak berfungsi setelah kehadiran Pabrik PT. Semen Tonasa 2, 3, 4, dan 5 di Biringere, Kecamatan Bungoro.

Foto Para Pelajar yang berkunjung ke Tonasa Park. (foto: fair/palontaraq)
Foto Para Pelajar yang berkunjung ke Tonasa Park. (foto: fair/palontaraq)
Galery Fish dalam Kawasan Tonasa Park. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Ornamental Fish Galery dalam Kawasan Tonasa Park. (foto: mfaridwm/palontaraq)
Tonasa Park
Sepeda Raksasa dalam Kawasan Tonasa Park
Green House Hidroponik dalam Kawasan Tonasa Park
Green House Hidroponik dalam Kawasan Tonasa Park

Saat ini, bekas lokasi Pabrik PT. Semen Tonasa ini sudah dimanfaatkan sebagai Tonasa Park yang dengan sendiri menjadi monumen kejayaan pabrik Semen Tonasa. Kantor dan Alat-alat Berat Menjadi Spot Foto yang Instagenic. Revitalisasi kawasan pabrik dimanfaatkan sebagai sarana umum. Ada Spot Sepeda Raksasa, Perlintasan jalan berkarakter tiga dimensi, Taman Payung, dan Lukisan dinding.

Baca juga:  Berwisata ke Taman Batu Karst Balocci

Terdapat pula Galeri Ikan Hias sebagai sarana edukasi memperkenalkan berbagai jenis ikan hias kepada Masyarakat pengunjung Tonasa Park, dan juga mengenalkan Teknik Budidaya dan pemasaran ikan hias, seperti Guppy, Betta, Lohan, Koi, Parrot, Platy, dan lain-lain. Pun tak ketinggalan kegiatan edukasi pembuatan Aquascape melalui kegiatan Live Setting di Ornamental Fish Gallery Tonasa Park.

Pameran Hasil Produk UKM - CSR dalam Kawasan Tonasa Park
Pameran Hasil Produk UKM – CSR dalam Kawasan Tonasa Park. (foto: ist/palontaraq)
Pernak pernik lingkungan Tonasa Park yang instagramable. (foto: ist/palontaraq)
Pernak pernik lingkungan Tonasa Park yang instagramable. (foto: ist/palontaraq)
Panggung Pentas Seni (foto: mfaridwm/palontaraq)
Panggung Pentas Seni (foto: mfaridwm/palontaraq)
Tonasa Park sebagai Tempat Belajar diluar Kelas yang menyenangkan. (foto: ist/palontaraq)
Tonasa Park sebagai Tempat Belajar diluar Kelas yang menyenangkan. (foto: ist/palontaraq)

Lihat juga: Keindahan dan Nilai Sejarah Budaya Kawasan Karst Maros-Pangkep

Beberapa kegiatan yang melibatkan masyarakat dan komunitas juga bisa diselenggarakan di dalam kawasan Tonasa Park, baik untuk olahraga, perkemahan, ataupun penginapan. Di tempat ini juga dibangun monumen Tonasa Park sebagai simbol bahwa lokasi ini pernah berjaya dimasanya. Kepala Biro Humas PT Semen Tonasa, Said Khalik mengatakan, pembangunan Tonasa Park dimulai sejak Agustus 2018 lalu. Tonasa Park akan dilengkapi dengan fasilitas showroom CSR yang menampilkan produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mitra Tonasa. Sementara itu bekas bangunan rumah sakit juga dalam revitalisasi menjadi penginapan. (*)