KOMUNITAS  PALONTARAQ membuka Forum SDGs di situs Palontaraq.id sebagai bahan diskusi tentang 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Founder Palontaraq, Muhammad Farid Wajdi mengemukakan bahwa Sustainable Development Goals (SDGs) seharusnya menjadi diskursus yang menarik dalam konteks lokal, regional, dan internasional, demi penyelamatan bumi dan umat manusia, terkait masalah-masalah kemiskinan, ketersediaan pangan, kesehatan, pendidikan, gender, air dan sanitasi, energi, dan masalah global lainnya.

“Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan, yang diadopsi oleh semua Negara Anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak Tahun 2015 harus terus disebarkan dan menjadi perhatian bersama. SDGs memberikan cetak biru bersama untuk perdamaian dan kemakmuran bagi manusia dan planet ini, sekarang dan di masa depan,” ujarnya.

Pada intinya terdapat 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yang merupakan seruan mendesak untuk bertindak oleh semua negara, baik negara maju maupun negara berkembang dalam kemitraan global. “Penting untuk disadari bahwa mengakhiri kesenjangan sosial dan perampasan hak hidup lainnya harus berjalan seiring dengan strategi yang meningkatkan kesehatan dan pendidikan serta memacu pertumbuhan ekonomi,” lanjutnya.

Founder Palontaraq, M. Farid Wajdi. (foto: ist/palontaraq)
Founder Palontaraq, M. Farid Wajdi. (foto: ist/palontaraq)

Dengan adanya Forum SDGs ini, Ketua Komunitas Palontaraq, Muhammad Farid Wajdi, mengharapkan adanya diskursus secara berkala, dengan melibatkan pelajar dan mahasiswa. “Generasi milenials harus memahami kemana arah perbaikan masa depan umat manusia dan bumi ini, dan tentu minimal pemahaman itu terhadap perbaikan kualitas hidup di lingkungannya, termasuk mendorong partisipasi dan kontribusi pemerintah, masyarakat dan perusahaan terhadap isu-isu strategis terkait 17 tujuan pembangunan berkelanjutan. (*)