MAKASSAR — Rumah Sakit Haji (RSH) Makassar menyatakan kesanggupannya untuk menampung dan menangani caleg (calon anggota legislatif) gagal yang mengalami gangguan mental dan kejiwaan, bahkan pihak RSH sudah menyiapkan ruang khusus untuk caleg gagal pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

“Ada kami siapkan ruangan khusus bagi (caleg gagal) yang mengalami gangguan kejiwaan. Rumah sakit siap menampung caleg gagal dan mengalami depresi,” kata Humas Rumah Sakit Haji Makassar, Muhsin kepada Pers, Kamis (14/2/2019). Muhsin mengatakan, caleg yang gagal sangat mungkin terkena gangguan psikologis atau gangguan kejiwaan lainnya karena kalah di Pileg 2019.

Ruangan kejiwaan itu dapat menampung belasan caleg gagal. Mereka yang masuk ruang kejiwaan akan ditangani khusus oleh tim psikiater, untuk menormalkan kembali kejiwaannya. “Ada psikiater kami siapkan. Mereka akan ditangani dengan baik, ada timnya tersendiri,” ujarnya. Untuk pasien di ruangan kejiwaan, pihak RSH Makassar melayani BPJS dan umum bagi para caleg gagal.

“Layanan di ruangan kejiwaan ini terbuka 24 jam bagi para pasien gangguan kejiwaan. Kami menerima pasien yang memegang kartu BPJS maupun layanan umum. Ya kendalanya karena mereka biasa masuk malu dan tak mau bilang caleg, nanti belakangan baru mengaku kalau dia Caleg, biasanya sih begitu,” papar Muhsin. (*)