RASULULLAH  SAW bersabda, ”Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah.”  Dalam hadits lain, Rasulullah SAW menjelaskan, ”Setiap awal pagi, semasa terbit matahari, ada dua malaikat menyeru kepada manusia di bumi. Yang satu menyeru, ‘Ya Tuhanku, karuniakanlah? Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah SWT.  Yang satu lagi menyeru, ‘Musnahkanlah orang yang menahan hartanya’.”
Memberi sedekah tidak akan membuat seseorang menjadi miskin dan sengsara.  Dengan bersedekah akan banyak memberikan keuntungan, yang bukan hanya berdimensi terhadap kebaikan hidup di dunia, tapi juga kelapangan di kehidupan akherat.  Berikut ini beberapa fadhilah (keutamaan) Kaum Muslimin dalam bersedekah:
Pertama, Sedekah Memanjangkan Umur.  Rasulullah  SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah SWT akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani)
Kedua,  Dilipat-gandakan Pahala. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya  Orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (Qs. Al-Hadid: 18)
Dalam sebuah Hadits Qudsi dikatakan yang artinya “Barang siapa berniat untuk bersedekah, kecepatan Allah SWT membalasnya lebih dari gerakan sedekahnya“. Allah SWT berfirman yang artinya: “Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (Orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan   Tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah SWT melipat gandakan (balasan) pahala kepada orang yang dikehendaki, dan Allah SWT  Maha Luas (anugrahNya) lagi Maha Mengetahui“. (QS. Al-Baqoroh: 261)
Ketiga, Dihapuskan Dosa-dosa.  Rasulullah  SAW bersabda: “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi). Namun, bukan berarti dosa yang kita miiki akan berguguran bergitu saja tanpa disertai dengan taubat. Apabila, harta yang diperoleh dari cara yang tidak halal, tentu saja tidak dapat menghapuskan dosa. Bukankah bersedekah juga harus dengan harta yang halal?
Keempat, Menjadi Amal yang Tak Putus sampai Mati. Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, bahwa  Rasulullah  SAW bersabda: “Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara yaitu:  Shodaqoh jariyah,  Anak yang Saleh yang memohonkan ampunan untuknya (Ibu dan bapaknya) serta Ilmu yang bermanfaat  setelahnya.“
Kelima, Memadamkan Panasnya Siksaan di Alam Kubur.  Rasulullah  SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekah itu benar-benar akan dapat memadamkan panasnya alam kubur bagi penghuninya, dan  Orang Mukmin akan bernaung dibawah bayang-bayang sedekahnya“. (HR. At-Thabrani)
Keenam, Terhindar dari siksaan Api Neraka.   Rasulullah  SAW bersabda: “Bersedekahlah kamu sekalian, karena sesungguhnya sedekah itu pemisah dari neraka“. Untuk bersedekah tidak perlu mengeluarkan harta yang banyak, semampu kita saja. Apabila kita hanya mampu memberi makanan, pakaian, atau hal apapun yang bisa bermanfaat untuk orang lain, juga termasuk sedekah.  Nabi bersabda: “Jauhkan dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebutir kurma“. (HR. Muttafaqun ‘alaih)
Ketujuh, Mendapat Naungan pada Hari Akhir. Rasulullah SAW bersabda: “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya“. (HR. Bukhari). Seperti yang banyak orang bilang, ketika tangan kananmu bersedekah, tangan kirimu tidak perlu mengetahuinya. (*)