JAVA adalah sebuah bahasa pemrograman dasar dalam sebuah pembuatan aplikasi. Java juga merupakan bahasa pemrograman yang dapat di jalankan di berbagai komputer ataupun berbagai telepon genggam. Kemudian, bahasa pemrograman Java ini sendiri bisa digunakan untuk membuat sebuah game ataupun aplikasi untuk perangkat lunak maupun komputer sekalipun.

Salah satu penggunaan terbesar Java adalah dalam pembuatan aplikasi native untuk Android. Selain itu Java pun menjadi pondasi bagi berbagai bahasa pemrograman seperti Kotlin, Scala, Clojure, Groovy, JRuby, Jython, dan lainnya yang memanfaatkan Java Virtual Machine sebagai rumahnya.

Baca juga: 4 Aplikasi Gratis Pengganti Photoshop

Pada mulanya, untuk belajar ataupun mengenal Bahasa Pemrograman Java ini sendiri memerlukan beberapa software pendukung yaitu adalah JDK dan juga JRE. JDK (Java Development Kit) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode java ke bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh JRE (Java Runtime Envirotment). Sedangkan JRE adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan Java. Versi JRE harus sama atau lebih tinggi dengan JDK yang dugunakan untuk membangun aplikasi Java.

How to learn Java Programming. (foto: youtube)
How to learn Java Programming. (foto: youtube)

Baca juga:  Tiga Aplikasi yang Dianjurkan buat Traveler

Selain software pendukung tersebut, untuk mengetik ataupun mengkompile sebuah bahasa pemrograman Java ini juga memerlukan software pendukung sendiri. Software yang biasanya sering digunakan antara lain adalah netbeans, eclipse atau juga bisa dengan menggunakan textpad. Biasanya untuk pemula, lebih banyak yang menggunakan textpad karena tidak memiliki “auto complete” pada penulisan kode-kode Java tersebut. (Sumber: Binus & Codepolitan)