DATABASE atau Basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis dalam komputer yang dapat diolah/dimanipulasi menggunakan perangkat lunak dengan program aplikasi tertentu untuk menghasilkan informasi. Secara spesifik, database meliputi tipe data, struktur data dan batasan-batasan pada data yang akan disimpan.

Database merupakan aspek penting dalam sistem informasi, berfungsi sebagai gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghindari duplikasi data dan hubungan antar data yang tidak jelas serta update yang rumit.

Proses memasukkan dan mengambil data ke dan dari media penyimpanan data memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem manajemen database (Database Management System atau DBMS). Jadi, DBMS merupakan sistem perangkat lunak yang memungkinkan pengguna (user) database untuk memelihara, mengontrol dan mengakses data secara praktis dan efisien. Dengan kata lain, semua akses ke database akan ditangani oleh DBMS. DBMS ini menjadi lapisan penghubung database dengan program aplikasi untuk memastikan bahwa database tetap terorganisir dengan baik.

Mau belajar tentang Database, Menurut Sumber Codepolitan, Silakan cek 4 situs ini:

1. Try Redis

Redis merupakan data structure database yang dapat menyimpan data sederhana (string, integer, float) maupun data kompleks (dictionary, list, sets, hashes, bit array, HyperLogsLogs). Kamu akan dibimbing dari dasar hingga tingkat menengah dalam penggunaan Redis dan mengenal data yang dapat disimpan di Redis. Kamu hanya harus mengetikan sintaks “next” untuk melanjutkan setiap materinya.

2. Try MongoDB

MongoDB adalah sebuah document database yang memberikan fitur high performance, high availability, dan automatic scaling. Website ini memberikan Kamu kemudahan untuk belajar MongoDB dalam konsol interaktif yang dipampang di halaman utamanya. Setiap materi akan mengajak Kamu untuk mencoba setiap teknik dan sintaks dari MongoDB. Kamu hanya cukup mengetikkan perintah “next” untuk berganti ke materi selanjutnya.

3. Neo4J Console

Untuk mempelajari Neo4J, Kamu dapat mempelajarinya dari dokumentasi resmi Neo4J atau melalui Neo4J Console yang dapat membantu Kamu belajar Neo4J dimanapun ketika Kamu terpisah dari resource belajar Neo4J yang ada di mesin Kamu. Console ini cukup interaktif, selain memperlihatkan graf yang dibentuk, memperlihatkan juga tabel hasil query, dan sintaks highlighting terhadap cypher yang diketikkan.

4. SQL Zoo (MySQL, Oracle, SQL Server, dan lainnya)

Website tersebut akan membimbing Kamu untuk menguasai SQL dari dasar hingga mahir dengan contoh kasus di setiap materinya. Uniknya, Kamu dapat memilih database yang digunakan sesuai dengan kemampuan dan infrastruktur yang Kamu miliki. Kamu dapat menggunakan MySQL, Oracle, SQL Server, SQLite3, PostgreSQL, dan lainnya. Kamu akan mempelajari teknik seperti join tabel, drop database, drop table, alter table, sub query, indexing, alias, procedure, trigger, view, dan lainnya. (*)