JAKARTA, Palontaraq.com — Ustadz Abdul Somad (UAS) ziarah ke Makam Hadratussyekh KH Hasyim Asyari hingga makam KH Bisri Syansuri usai bertemu para sesepuh Nahdlatul Ulama (NU). Seperti biasa UAS yang dikenal familiar dengan media sosial instagram (IG), membagikan momen ziarah itu di akun IG-nya yang diunggahnya hari ini, Ahad (10/2/2019).

Baca juga: Ustadz Abdul Somad, Da’i Sejuta Viewers

“Alhamdulillah, walau tidak bertemu saat mereka masih hidup, dapat ziarah ke makam mereka; Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari, KH. Wahab Hasbullah dan KH. Bisyri Syansuri,” tulis UAS sebagai keterangan foto yang diunggahnya. UAS tampak bersimpuh di depan salah satu makam.

Baca juga: UAS: Sombong kepada Orang Sombong, itu Sedekah!

UAS juga memberikan pesan terkait ziarahnya ke makam para pendiri NU tersebut. “Mereka telah lama wafat, tapi suara lantunan Al-Qur’an, zikir dan doa tetap tak henti dibacakan para santri dan peziarah di atas pusara mereka. Bagaimana dengan kita nanti? Mereka pernah hidup, kita masih. Mereka makan minum, kita juga. Tapi hidup mereka berkualitas. Hidup sekali, tapi berarti. Hidup sekali lagi, menuai hasilnya,” tutur UAS.

Baca juga: UAS Diangkat Jadi Duta Zakat Indonesia

Satu-dua hari sebelumnya (8-9/2/2019), Ustadz Abdul Somad  juga mengunjungi, bersilaturrahim dan takzim kepada beberapa tokoh NU dan habaib, yaitu KH Makmun Zubair (Mbah Moen),  KH. DR. Fadholan,  KH. Arif Hasanul Muna,  Habib Luthfi bin Yahya, dan KH. Salahuddin Wahid (Gus Solah) di Pesantren Tebuireng. (*)