Penyakit asam lambung atau yang dikenal dengan istilah medis, Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri ulu hati, sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus (kerongkongan), yaitu bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.

Penyakit asam lambung merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat. Hampir sebagian besar orang pernah mengalaminya. Penyebab penyakit asam lambung biasanya terkait dengan faktor keturunan, stres, konsumsi obat-obatan tertentu, kelebihan berat badan, hiatus hernia, keadaan hamil, gastroparesis, atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan pedas.

Baca Juga: Tips Praktis bagi Penderita Asam Lambung

Bagaimana cara mengatasinya? Tidak semua hal keluhan dan sakit harus berujung ke ruang perawatan rumah sakit atau pemeriksaan dokter. Menjaga kesehatan pribadi adalah hal yang paling pertama dan utama, dengan memperhatikan gejala sakit yang terjadi. Juga menjaga konsumsi makanan adalah sangat penting untuk menghindarkan diri dari penyakit asam lambung.

Lakukanlah tips sederhana ini pada pagi hari jika terkena asam lambung. Sehabis bangun tidur jangan minum atau makan apa-apa dahulu. Buatlah larutan jeruk nipis dulu. Siapkan 150-180ml air hangat kuku (sesuai suhu badan kita), 1 buah jeruk nipis (diperas), dan 2 sendok makan madu. Campur perasan jeruk nipisnya ke air hangat lalu tambahkan 2 sendok makan madu dengan menggunakan sendok plastik.

Baca Juga: Mengatasi Maag

Minum pelan-pelan. Tegukan pertama sampai ketiga kalinya dibuat kumur-kumur dahulu. Baru sisanya dihabiskan. Pelan-pelan minumnya buat melarutkan enzim baik dalam rongga mulut kita. Ingat! Jangan campur air jeruk nipis langsung dengan air panas karena kandungan jeruk nipisnya akan rusak dan tidak bermanfaat di tubuh kita lagi.

Lakukan rutin tips praktis ini untuk penyakit maag/asam lambung ringan. Biasanya dalam waktu 2 minggu sudah terasa manfaatnya. Untuk yang sudah parah biasanya sampai sebulan. Bagi yang tidak mempunyai madu, bisa dengan sari kurma. Selamat mencoba! (*)

Baca Juga: Bagaimana Mengatasi Nyeri Ulu Hati