Di sekitar lingkungan kita, banyak sekali tanaman yang berkhasiat obat. Berikut ini beberapa tips mengatasi sakit dengan pemanfaatan herbal atau tanaman obat di sekitar kita.

1. Saat tenggorokan sakit saat menelan, gunakan air jeruk nipis atau lemon lalu tambahkan garam secukupnya dalam air panas. Kalau sudah hangat di minum terus sampai bisa sehat lagi.

2. Jika Sakit Pinggang, perbanyak rebus bawang bombay dan daun salam. Minum selagi masih hangat 3x sehari.

Baca Juga: Daun Binahong dan Manfaatnya untuk Kesehatan

3. Jika sakit DBD ( Demam Berdarah Dengue), ambilĀ  Daun Ubi Jalar lalu rebus. Minum 3x sehari. Misalkan 1 ikat daun ubi jalar mencapai setengah kilogram rebuslah dengan 8 gelas air, lalu jadikan 4 gelas air.

4. Jika berjerawat, siapkan air jeruk nipis dan putih telur kocok hingga berbuih. Ambil buihnya taruh di kapas pembersih muka lalu tempelkan ke wajah yang berjerawat. Diamkan sampai kering lalu bilas pakai handuk kecil yang sudah direndam dengan air hangat, selanjutnya bilas dengan air dingin. Hindari makan telur, udang dan ayam jangan mengunakan sabun cuci muka setelah cuci bersih pakai Minyak Argan atau air bunga mawar yang di rendam sendiri.

Baca Juga: Peresepan Sirih sebagai Herba Batuk

5. Jika Syaraf Kejepit, lakukan terapi pemijatan dan banyak minum rebusan jahe merah campur gula kelapa bisa juga dengan gula aren jangan minum air dingin atau es biar pembuluh darah tidak tersumbat .

6. Jika Gatal, termasuk alergi air, lakukan dua cara berikut ini: Cara Pertama, Untuk obat gatal rebus daun sirih buat mandi hindari makan daging, ayam, telur, udang, ikan laut, pepaya, dan labu siam. Perbanyak minum temu hitam 1x saat mau tidur lalu diminum 3 sendok makan saja beri air hangat. Cara Kedua, Ambil 71 lembar daun sambung nyawa, 30 gram sambiloto , 500 cc air. Cuci bersih semua bahan dan rebus dengan 500 cc air. Jadikan 1 gelas lalu minum selagi masih hangat. Untuk balur bisa dengan air jeruk lemon dan minyak kelapa murni. Bagian yang alergi, jangan disabuni saat mandi.

Baca Juga: Manfaat Daun Kelor untuk Pengobatan

7. Untuk Penyubur Kandungan, perbanyak makan tauge kacang hijau dan daging segar dan buah-buahan. Hindari makan buah nanas, nangka, manggis dan durian. Perbanyak minum kunyit asam.

8. Untuk Batuk Berdahak, rebus blimbing wuluh bersama bunganya dengan gula batu. Minum 3x sehari. Diminumnya selagi masih hangat (hindari minuman dingin, soft drink atau minum air es), boleh juga air lemon diberi garam secukupnya dalam air panas. Beri sedikit perasan air jahe. Air jeruk nipis dan perasan daun mint beri air panas serta garam sedikit.

9. Jika divonis Kanker Payudara, Ambil daun sirih merah 7 lembar lalu dibuat jus, saring dengan kain bersih. Minum dengan air hangat 3x sehari sehabis makan. Tunggu 20 menit, ampasnya dapat dibuat balur di benjolan kanker.

Baca Juga: Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan Jantung dan Ginjal

10. Jika Sinusitis, sediakan 3 buah jeruk nipis kupas kulitnya dan belah jadi 4, lalu 5 batang serai memarkan dan 7 lembar daun sirih yg sudah tua, 20 biji cengkeh, 8 biji kapulaga dan 2 ruas jari jahe memarkan rebus dgn 6 gelas air jadikan 3 gelas, minum selagi agak panas 3x sehari harus rutin tiap hari selama 1 minggu.

Demikian Tips Herba untuk beberapa keluhan sakit atau terkena penyakit diatas tersebut. Semoga bermanfaat dan salam sehat. (*)