JAKARTA, Palontaraq.com–Komisi III DPR RI melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap 11 Calon Hakim Konstitusi di Senayan, Jakarta, Selama dua hari, Rabu-Kamis (6-7/2/2019). Wakil Ketua Komisi III F-Gerindra, Desmond Mahesa Gerindra, memimpin jalannya uji tersebut. “Ini, kan ada 11 orang. Jadi dilaksanakan dua hari, Besok malam pengambilan keputusan,” kata Desmond,” ujarnya

Uji kepatutan dan kelayakan terhadap sebelas calon hakim konstitusi ini sangat transparan. Menurut Desmond, “Ini sesuatu yang sangat transparan dan terbuka, saya cukup puas dengan uji kepatutan dan kelayakan ini,” tuturnya kepada Pers, Rabu (6/2/2019).

Adapun 11 calon hakim konstitusi yang mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di hadapan Komisi III DPR RI, kemarin, (6/2/2019) adalah Hesti Armiwulan Sochmawardiah, Aidul Fitriciads Azhari, Bahrul Ilmi Yakup, M Galang Asmara, Wahiduddin Adams, dan Refly Harun. Untuk hari ini (7/2/2019), dijadwalkan 5 calon hakim konstitusi lainnya, yaitu Aswanto, Ichsan Anwary, Askari Razak, Umbu Rauta, dan Sugianto.

Desmond
Wakil Ketua Komisi III F-Gerindra, Desmond Mahesa Gerindra

Diantara calon hakim konstitusi tersebut, beberapa nama yang menonjol adalah Refly Harun. Meski kerap beracara di Mahkamah Konstitusi (MK), baik untuk gugatan judicial review maupun sengketa pilkada, ia kerap diminta pihak berperkara sebagai ahli di MK. Refly Harun juga tercatat sebagai Komisaris di Pelindo I setelah sebelumnya Komisaris Utama di PT. Jasa Marga hingga September 2018.

Ada juga nama pimpinan Komisi Yudisial (KY) Periode 2015-2019, Aidul Fitriciads Azhari. Aidul gagal menjadi Ketua KY periode setengah jabatan kedua dan kini membidik kursi hakim konstitusi. Dua nama lain adalah petahana Hakim MK, yaitu Wahiduddin Adams yang juga mantan Dirjen Perundang-undangan dan Aswanto yang juga guru besar Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Hassanudin bidang hukum pidana. (*)