PEMBUATAN Aplikasi Android memang memakan waktu yang panjang dan sedikit ribet, disinilah perannya library membantu mengefisienkan waktu. Library-library ini biasanya sudah memiliki fitur-fitur siap pakai yang tidak perlu lagi dibuat dari nol. Berikut ini 5 library Android (Menurut sumber: Codepolitan) yang bisa digunakan:

1. Vega Layout Manager

Library ini adalah custom Layout Manager untuk menampilkan efek fade dan shrink pada item View paling atas saat melakukan scrolling di recycler View.

2. Spruce Android Animation Library

Spruce adalah library animasi yang ringan untuk membantu menampilkan tampilan loading seperti halnya Shimmer Recycler View.

3. Expansion Panel

Pustaka ini mengimplementasi komponen Expansion panels dari Material Design guidelines untuk aplikasi Android. Panduan dan contoh penggunaan cukup lengkap di halaman Githu-nya.

4. Hyperlog-Android

Library ini membantu kita untuk mencatat pesan Log Android, menyimpannya ke dalam database lalu mengirimkannya ke server remote untuk debugging.

5. Transitioner

Transitioner adalah library untuk mempermudah pembuatan animasi yang dinamis antara dua views dengan nested children. Library ini ditulis dalam bahasa Kotlin 100% dengan dokumentasi yang lengkap.

Masih banyak lagi library Android yang bisa digunakan. Namun untuk saat ini, cukup 5 Library Android tersebut diatas yang direkomendasikan terlebih dahulu. Adakah dari daftar library diatas yang sudah dicoba? (*)