DUNIA Media Sosial umumnya hanya dianggap sebagai pelampiasan atau pelarian dari rutinitas. Biasanya dalam bentuk status untuk menegaskan eksistensi, tentang apa yang dipikirkan dan apa yang dilakukan. Jika tak cukup dengan hanya status, maka bisa ditambahkan dengan foto atau video pendek untuk penegasan bahwa betul seperti itu yang dipikirkan dan dilakukan.

Sekalipun Sosial Media berkembang dengan pesat, dalam hal tampilan, tools dan karakter, namun tetap saja hanya bisa memposting tulisan dan foto yang terbatas dan berumur singkat, karena akan tenggelam oleh postingan-postingan berikutnya, bukan hanya oleh postingan sendiri, tapi juga oleh postingan dari teman yang men-tag akun kita.

Tertarik untuk menulis di blog? Ngeblog adalah cara yang baik untuk berbagi kabar dengan teman dan keluarga, berbagi ilmu dengan dunia, atau mengekspresikan keterampilan menulis untuk keperluan profesional. Menulislah secara ekspresif dan rutin untuk dapat terakui sebagai Blogger dan secara bertahap pelajari bagaimana mendapatkan penghasilan tambahan dari Ngeblog.

Untuk jualan, media sosial juga terbatas. Sekalipun bisa, tetapi perlu keterampilan tersendiri untuk memaksimalkan fasilitas/tools yang ada. Berbeda halnya dengan memanfaatkan Blog dimana seorang pengguna pemula Blog sekalipun dapat menampilkan dirinya layaknya seorang penulis mahir. Tulisan yang menarik akan terdengar percaya diri dan otoritatif, apa pun topiknya. Pembaca yang berkunjung di Blog merasa bahwa mereka mempelajari sesuatu dari Anda.

Yuk Ngeblog di Palontaraq
Yuk Ngeblog di Palontaraq (foto: ist/palontaraq)

Jika tak mendapatkan apa-apa dari Media Sosial, selain keseruan tak jelas dan basa-basi, maka segeralah tinggalkan Media Sosial, minimal tidak fokus untuk menghabiskan waktu disitu. Beralihlah jadi penulis di Blog. Tawarkan opini, feature, atau esai yang menarik dan khas. Walaupun membutuhkan waktu untuk mahir dan bisa menghasilkan uang, paling tidak otak akan terbiasa berpikir kritis dan lambat-laun akan semakin lincah menulis.

Tak perlu pendidikan tinggi untuk terdengar seperti pakar. Cukup kuasai dan dalami bidang tertentu yang orang lain tidak memprotesnya. Misalnya tentang kehidupan anda sendiri, yang tentunya memiliki selera, pengalaman, dan opini. Semua orang menguasai sesuatu, dan blog adalah cara yang baik untuk membagikan pengetahuan kepada dunia. Kompetensi anda akan terlihat dari gaya bicara tulisan di blog. Menulislah dalam bentuk prosa asertif, alih-alih bahasa pasif. Dukung pernyataan dengan anekdot, atau riset jika diperlukan.

Ngeblog bisa dimana saja dan nulis tentang apa saja secara kreatif. (foto: ist/palontaraq)
Ngeblog bisa dimana saja dan nulis tentang apa saja secara kreatif. (foto: ist/palontaraq)

Pertimbangkan untuk berbagi pengetahuan dengan cara yang kreatif lewat Blog. Bisa dengan menulis cerita lucu yang bisa diteladani banyak orang. Bisa pula dengan berbagi pengetahuan untuk melakukan sesuatu yang bisa dilakukan dengan mudah, mengulas tentang kegiatan bermanfaat atau yang bisa mendatangkan manfaat, membahas cara menjadi relawan bencana atau cara mendapatkan beasiswa, dan lain sebagainya.

Banyak hal yang bisa dilakukan pada media blog sebagai cara mengekspresikan diri dengan cerdas. Jadi, yuk Ngeblog DISINI (Silakan diklik). (*)