SEBAGAIĀ  gambaran investasi yang saat ini tetap dianggap menarik dan memiliki peluang bagus di Tahun 2019 adalah 5 Jenis Investasi berikut ini. Meski begitu kita harus selalu berpegang teguh bahwa investasi termahal dan terpenting adalah pengetahuan. Karena itu, seharusnya tidak perlu khawatir jika pada hari ini sedang tidak punya uang untuk beli saham, emas, properti, dan lainnya.

Khawatirlah ketika kalian merasa tidak perlu belajar atau tak punya waktu belajar, sehingga pada akhirnya sok tahu. Jangan salah, orang kaya yang tertipu puluhan milyar tuh banyak! Teruslah mengupgrade kemampuan/kompetensi sehingga akan membuat value anda meningkat dan dihargai mahal. Ingat itu!

1. Bisnis – Anda bisa berinvestasi dengan membeli sebagian atau seluruhnya dari sebuah bisnis atau franchise yang sudah berjalan dan terbukti menghasilkan cash flow positif. Keuntungan mengakuisisi bisnis yang sudah running adalah anda tidak perlu bersusah payah memulai dari 0 lagi.

2. Tanah dan Properti – Meskipun biasanya tanah dan properti membutuhkan modal yang besar, namun sekarang sudah ada tanah dan properti yang bisa dimiliki dengan cara sharing modal dengan banyak orang, sehingga anda bisa memiliki sebuah properti dengan modal yang lebih sedikit.

3. Saham – Tentunya saham yang memberikan deviden (biasanya BUMN) menjadi pilihan yang menarik karena selain memberi keuntungan dari kenaikan harga, deviden memberikan anda cashflow. Bagaimana proyeksi 2019? Sejujurnya banyak rintangan menghadang. Perang dagang Amerika dan Tiongkok belum usai, sehingga menjadi sentimen negatif untuk keseimbangan global. Ditambah lagi kita perlu melihat kebijakan yang diambil The Fed untuk tahun 2019. Dari dalam negeri, kondisi politik mencapai puncak saat Pemilu dan belum bisa dikatakan kondusif sebelum usai. Disisi lain ada keyakinan bahwa harga pasar sudah cukup murah, sehingga investor domestik semakin banyak yang masuk. Meski tidak menembus rekor baru, potensi saham untuk rebound sangat terbuka lebar. Tapi ingat untuk selalu mengupdate kemampuan analisis, baik fundamental atau teknikal. Bagi pemula, disarankan beli Investory.

4. Surat berharga – seperti Obligasi Republik Indonesia (ORI) menawarkan imbal hasil yang menarik sekitar 8% setahun dengan resiko yang sangat kecil.

5. Robot Trading Forex Autopilot OnlineD7 – memberikan passive income dengan kisaran profit 20-60% setahun dengan sangat mudah bahkan ketika kita tidur dan berlibur.

Demikian sebagai masukan dan sharing. Semoga bermanfaat adanya. (*)