Didampingi Komjen Australia, Anggota Parlemen Australia mengunjungi Puskesamas Bungoro, dengan tujuan peninjauan hasil kerja LSM yang telah dipercayai untuk mengelola anggaran kerjasama bidang kesehatan.  Secara khusus kunjungan mereka diterima Bupati Pangkep, H. Syamsuddin A Hamid, SE, Jum’at, 3 Agustus 2018 di Kantor Bupati setempat. Anggota parlemen Australia itu tersebut diterima dengan tarian adat, dan dilanjutkan dengan kunjungan ke Puskesmas Bungoro.

Kunjungan Anggota Parlemen Negeri Kanguru ini dipimpin oleh Richard Matheus, yang mengungkapkan bahwa dirinya secara personal merasa sangat akrab dengan Pangkep, karena banyak kegiatan pemberdayaan di berbagai bidang yang didanai Australia terlaksana dengan baik di Pangkep, khususnya kegiatan dalam bidang pendidikan dan kesehatan.

Hal yang sama dikatakan Bupati Pangkep, Syamsuddin A. Hamid, menjelaskan jika selama ini kegiatan LSM yang didanai Australia sangat intens di bidang pemberdayaan masyarakat, pendidikan dan kesehatan. Bahkan ia mengakui jika Konjen Australia Matheus sudah banyak mengetahui wilayah Pangkep hingga ke wilayah kepulauan.

Harapan lainnya, Syamsuddin A. Hamid mengharapkan agar tercipta “sister city” atau kota kembar bagi Pangkep dan daerah di Australia. “Pangkep dengan wilayahnya yang terdiri dari kepulauan, pegunungan dan dataran rendah, sangat membutuhkan perhatian khusus dan kerjasama dengan banyak pihak, termasuk dari luar negeri”, ujarnya.

Sementara itu Yamin, Kepala Puskesmas Bungoro, menjelaskan tentang banyaknya bantuan yang diberikan kepada para tenaga medis dan petugas di puskesmas berupa pelatihan dan workshop. Hal itu untuk dapat meningkat kompetensi para tenaga medis dalam melayani masyarakat. (*)

Citizen Report by : Hasbi
Editor : Redaksi Palontaraq