Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah.  Artificial Intelligence didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Dua Ahli AI, Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan kecerdasan buatan sebagai “kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel”.

Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.  Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan saraf tiruan dan robotika. Berikut ini beberapa situs untuk belajar tentang Teknologi Artificial Intelligence.

1. Coursera. Situs kursus online ini yang menyediakan berbagai kelas untuk berbagai bidang disiplin ilmu termasuk juga AI. Kursus AI yang ada di Coursera sendiri cocok untuk orang-orang yang belum memiliki pengetahuan seputar teknologi kecerdasan buatan. Untuk kelas yang mengajarkan materi AI, salah satu kelas yang direkomendasikan adalah kelas yang diajarkan oleh Andrew Ng, salah satu ahli di bidang AI dan juga merupakan salah satu pendiri dari Coursera.

2. UC Berkeley CS188. Situs ini sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang masih pemula dan baru mulai mempelajari teknologi AI. Setiap orang yang ingin mengikuti kursus di situs ini tidak harus mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis.

3. Google AI. Di Google AI, informasi dan pengetahuan seputar AI disajikan secara lengkap di sini. Contoh informasi dan pengetahuan tersebut seperti artikel, foto dan serangkaian video yang berhubungan dengan mekanisme kerja AI diberbagai lingkungan.

4. Nvidia Deep Learning. Situs ini lebih ditujukan untuk orang-orang seperti pengembang, ilmuwan data dan peneliti yang ingin memperdalam kemampuan mereka terhadap teknologi AI. Peserta juga bisa mendapatkan sertikasi jika memilih kursus online dan lokakarya yang di pimpin oleh instruktur dari Nvidia.

5. Standford University CS221. Situs ini memang sengaja disediakan oleh pihak Universitas Standford untuk dapat diakses oleh siapapun yang ingin mempelajari teknologi AI.

Setiap peserta akan memperoleh materi, video, tugas dan juga serangkaian ujian yang berguna untuk mengasah kemampuan setiap para pesertanya. Pada akhirnya, tujuan dari kursus ini sendiri adalah untuk membantu setiap pesertanya dalam mengatasi situasi di dunia nyata dengan bantuan teknologi AI. (*)

Citizen Reporter by : M. Farid Wajdi
Editor : Redaksi Palontaraq