Melalui “2018 US Emerging Jobs Reports” LinkedIn merilis keterampilan (skills) yang wajib dimiliki untuk mendapatkan kerja di Tahun 2019. Setiap tahun LinkedIn menganalisis data dari lima tahun sebelumnya untuk mengidentifikasi pekerjaan yang muncul dan keterampilan yang terkait dengannya.

Beberapa takeaways terbesar di LinkedIn 2018. AS Emerging Jobs Report yang baru dirilis adalah kebutuhan pekerjaan tetap (6 dari 15 pekerjaan yang muncul terkait dengan Fungsi operasional bisnis dasar sedang meningkat, serta soft skills seperti komunikasi lisan, kepemimpinan dan manajemen waktu yang bertanggung jawab atas kesenjangan keterampilan terbesar.

Baca laporan lengkap untuk mempelajari lebih lanjut tentang 15 pekerjaan baru yang muncul, pekerjaan-pekerjaan dengan pertumbuhan perekrutan terbesar dan keterampilan dengan kesenjangan keterampilan terbesar. 10 dari 15 Skills tersebut ialah:

1. Oral Communication, yang melingkupi public speaking, komunikasi, dan skill presentasi. Skill ini sangat dibutuhkan untuk pekerjaan seperti guru, administrative assistant, dan pengacara.

2. Managemen manusia, yang melingkupi teamwork, supervisory skills, personnel management. Skill ini dibutuhkan untuk pekerjaan seperti Salesperson, project manager, marketing specialist.

3. Development tools, melingkupi Java, C++, Linux. Skill ini untuk pekerjaan software engineer, research assistant, data scientist.

4. Social media, melingkupi digital media, social media measurement. Skill ini untuk pekerjaan seperti graphic designer, marketing director, writer.

5. Business management, melingkupi management, strategic planning, business process improvement. Skill ini untuk pekerjaan account manager, operation manager, dan realtor.

6. Manajamen waktu: organization skill, time managament, multitasking.  Skill ini relevan untuk pekerjaan recruiter, finance analyst, dan store manager.

7. Kepemimpinan yang melingkupi team leadership, team building. Pekerjaan yang membutuhkan skill ini antara lain salesperson, genera manager, sales manager.

8. Graphic design: Adobe Photoshop, web design, illustration. Skill ini untuk pekerjaan seperti Graphic Designer, software engineer, creative director.

9. Data science: data analysis, forecasting, statistics. Pekerjaan yang membutuhkan skill ini antara lain software engineer, data scientist, finance analyst.

10. Web development: HTML, Javascript, Cascading Style Sheet (CSS). Skill ini untuk pekerjaan seperti frontend developer dan data analyst.

Demikian “2018 US Emerging Jobs Reports” yang dirilis LinkedIn. Semoga bermanfaat adanya.(*)