Apa itu Copywriting? Hari gini masih ada yang tidak tahu apa itu Copywriting? Copywriting adalah sebuah teknik menghasilkan tulisan yang membuat pembaca memberikan respon yang kita inginkan-tulisan ini disebut copy. Copy dibuat agar pembaca mulai membeli, mendaftar, mengingat, atau melakukan tujuan lain yang diinginkan dari tulisan.

Boleh percaya atau tidak, sebenarnya setiap pekerjaan pasti membutuhkan proses atau harus melalui beberapa tahap agar bisa selesai, khususnya yang berhubungan dengan pemasaran, produk barang ataupun jasa. Terlebih lagi keterampilan mengolah bahasa pemasaran lebih membutuhkan lagi akselerasi terkait perkembangan digitalisasi informasi.

Bagi yang belum tahu, nih Palontaraq.com bocorkan tiga tahapan Copywriting yang harus dilalui, yaitu:

1. Kenali Target Pasar

Artinya, Siapa target anda, kepada siapa Anda nulis, harus jelas dulu. Agar tulisan yang Anda tulis bener-bener‘kena’ dihati mereka.

2. Penawaran

Intinya, Silakan pilih saja, mau memakai penawaran seperti apa? Walaupun copywritingnya bagus, kalau penawarannya belum oke, maka keputusan orang mau beli saat itu produk barang atau jasa yang ditawakan, akan menjadi lambat.

3. The Power of Curhat

Di media sosial banyak sekali status curhat. Nah daripada ngegosip hal-hal yang tidak jelas, hanya menambah dosa, dan tidak mendatangkan manfaat apapun, lebih baik ‘cerewet’ dalam nulis copywriting aja. Semacam curhat gitu. Kupas tuntas dan detail apa yang dipasarkan.

Itu baru penjelasan singkatnya, akan ada yang lebih detailnya. Mau? Tunggu tulisan berikutnya tentang curhat kesuksesan para pegiat Copywriting, sekaligus menanti komen para pembaca tentang kendala atau masalah copywriting yang dibuatnya. (*)