Palontaraq.com – BANYAK obyek destinasi wisata alam yang belum dirambah dan belum dikunjungi. Namun sejak banyak petualang, fotografer dan penikmat wisata alam dalam tajuk kegiatan “MyTripMyAdventure”, “Jalan-jalanSeru”, “Jappajappa”, dan lain sebagainya, yang terhimpun dalam banyak komunitas, di tingkat lokal maupun nasional, akhirnya banyak obyek keindahan alam yang dahulunya tersembunyi semakin banyak dikunjungi setelah dipopulerkan lewat media sosial.

Salah satu obyek keindahan alam tersebut adalah Tebing Apparalang, di Bira Bulukumba. Sejak dipopulerkan di media sosial, Apparalang semakin membuat penasaran para penikmat wisata alam dari daerah lainnya.  Apalagi keindahan foto pantai dan Tebing Apparalang banyak yang menyamakannya dengan keindahan gugusan pulau di Raja Ampat Papua. Tak ayal lagi Apparalang lantas disebut sebagai “The Lost Paradise”, surga yang hilang.

Destinasi wisata Apparalang ini memang tergolong baru di Kabupaten Bulukumba. Pantai Apparalang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, sekitar 200 km dari Kota Makassar, ibukota Propinsi Sulawesi Selatan. Beberapa warga setempat kepada penulis, mengungkapkan bahwa dahulunya Kawasan Apparalang ini adalah tempat yang dikeramatkan. Ada pula yang menyatakan bahwa daerah Apparalang, dahulunya adalah tempat persembunyian para pencuri. Entah benar atau tidak, yang pasti memang daerah Apparalang ini cukup jauh dari jalan poros Bulukumba dan terletak di kesunyian dan lokasinya sangat terpencil.

Keindahan dari atas Tebing Apparalang. (foto: mfaridwm/palontaraq.com)
Keindahan dari atas Tebing Apparalang. (foto: mfaridwm/palontaraq.com)

Keunikan Apparalang adalah karena memiliki panorama pantai indah dengan tebing dan bebatuan karang yang curam. Karena masih menyatu dengan hutan di sekitarnya, maka kawasan ini udaranya cukup sejuk. Suasana tenang yang tercipta membuat pengunjung serasa berada di pantai pribadi.

Di balik tebing curam itu ada pesona bahari yang menakjubkan. Terlihat dari atas tebing, birunya laut yang berkilau tertimpa cahaya matahari. Tak ada yang menyangka kalau kesan liar sejak memasuki Kawasan Apparalang dan mitos cerita menyeramkan, ternyata dibaliknya tersimpan keindahan yang luar biasa, panorama pantai dan tebing yang eksotis.

Menikmati eksotisme dan keindahan Apparalang. (foto: ardi/palontaraq.com)
Menikmati eksotisme dan keindahan Apparalang. (foto: ardi/palontaraq.com)

Pantai Apparalang ini memang belum seramai dan sepopuler Tanjung Bira, destinasi wisata pantai yang populer di Bulukumba, namun boleh jadi inilah yang dicari para wisatawan yang menginginkan ketenangan dan suasana baru saat berlibur. Karena masih tergolong baru, fasilitas yang tersedia dalam kompleks obyek wisata juga masih sangat terbatas. Beberapa diantara fasilitas itu, masih merupakan usaha bersama warga setempat.

Dari atas tebing, pengunjung Apparalang bisa melihat deburan ombak yang menghantam karang dan tebing. Pengunjung juga bisa merasakan jernihnya air pantai dengan turun langsung ke bawah tebing menggunakan anak tangga dari kayu yang sudah disediakan.

Di kawasan pantai dan tebing Apparalang. (foto: mfaridwm/palontaraq.com)
Di kawasan pantai dan tebing Apparalang. (foto: mfaridwm/palontaraq.com)

Keindahan alam Apparalang layaknya seorang gadis nan rupawan. Kecantikan yang mempesona sejauh mata memandang tebing-tebing karang sampai di kejauhan birunya laut tak bertepi. Gugusan batu karang yang menawan. Begitu tiba di kawasan ini, mata sudah langsung disuguhi dengan pemandangan yang indah, sejuk dan sangat tenang. Atmosfer wisata yang sangat berbeda dibandingkan dengan destinasi wisata pantai lainnya. Tepatlah juga sebutan yang dilekatkan padanya sebagai “surga yang tersembunyi”.

Memasuki kawasan ini, dapat ditempuh dengan kendaraan berupa motor maupun mobil pribadi karena belum menjadi akses angkutan umum. Jarak tempuh sekitar 1 km dari tepi jalan poros Desa Ara. Sebagian jalanannya sudah dibeton, namun ada beberapa ruas jalan yang masih dalam tahap pengerjaan. Pengunjung masuk dalam pertigaan jalan menuju ke SMKN 6 Perkapalan Bulukumba. Di pertigaan tersebut belok kiri lalu Anda akan melewati SMKN 6 Perkapalan Bulukumba. Setelahnya akan dijumpai Gerbang Pantai Apparalang.

Keindahan Tebing Apparalang. (foto: mahathir/palontaraq.com)
Keindahan Tebing Apparalang. (foto: mahathir/palontaraq.com)
Keindahan Tebing Apparalang. (foto: nadya/palontaraq.com)
Keindahan Tebing Apparalang. (foto: nadya/palontaraq.com)

Kawasan Apparalang masih berbenah. Sebagai sebuah destinasi wisata, kawasan ini masih membutuhkan pembenahan, khususnya fasilitas sanitasi, area parkir, gazebo, kios penjual makanan, dan area perdagangan souvenir. Saat ini hanya beberapa warga sekitar yang berjualan makanan dan minuman, itupun hanya saat momen tertentu saja seperti akhir pekan dan musim liburan saat ramai pengunjung. (*)